Definisi Sistem Kemusdi Kendaraan Ringan
Disusun oleh :
Mukhlis Abdulrahman
Kelas 2 Otomotif 3
SMK TARUNA MANDIRI
Ø FUNGSI SISTEM KEMUDI
Fungsi sistem kemudi adalah untuk
mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda
depan. Cara
kerjanya bila steering wheel (roda kemudi) diputar, steering
coulomn (batang kemudi) akan
meneruskan
tenaga putarnya ke steering gear (roda gigi kemudi).
Steering
gear memperbesar
tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen puntir yang lebih besar
untuk
diteruskan ke steering lingkage.
Steering
lingkage akan meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan. Jenis sistem
kemudi
pada
kendaraan menengah sampai besar yang banyak digunakan adalah model
recirculating ball dan pada
kendaraan
ringan yang banyak digunakan adalah model rack dan pinion.
Ø SYARAT – SYARAT SISTEM KEMUDI
Agar sistem
kemudi sesuai dengan fungsinya maka harus memenuhi persyaratan seperti berikut
:
a)
Kelincahannya baik.
b) Usaha
pengemudian yang baik.
c) Recovery (
pengembalian ) yang halus.
d)
Pemindahan kejutan dari permukaan jalan harus seminimal mungkin.
FUNGSI
SISTEM KEMUDI
Sistem kemudi berfungsi mengatur arah kendaraan dengan cara,membelokkan roda depan. Bila roda kemudi diputar, kolom kemudi meneruskan putaran ke roda gigi kemudi. Roda gigi atau sering disebut steering gear kemudi ini memperbesar momen putar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui sambungan-
sambungan
kemudi (steering linkage).TIPE KEMUDI PADA KENDARAAN :
1. Recirculating Ball
Cara
kerjanya : Pada waktu pengemudi memutar roda kemudi, poros utama yang
dihubungkan dengan roda kemudi langsung membelok. Di ujung poros
utama kerja dari gigi cacing dam mur pada bak roda gigi kemudi menambah tenaga
dan memindahkan gerak putar dari roda kemudi ke gerakan mundur maju lengan
pitman ( pitman arm ).
Gambar.2. Konstruksi Sistem Kemudi Jenis Recirculating Ball
Lengan-lengan
penghubung (linkage), batang penghubung ( relay rod ), tie rod, lengan idler (
idler arm )
dan lengan nakel arm dihubungkan dengan ujung pitman arm. Mereka memindahkan
gaya putar dari kemudi ke roda-roda depan dengan memutar ball joint pada lengan
bawah ( lower arm ) dan bantalan atas untuk peredam kejut. Jenis ini biasanya
digunakan pada mobil penumpang atau komersial.
Keuntungan :
· Komponen gigi kemudi relative besar, bisa digunakan
untuk mobil ukuran sedang, mobil
besar dan
kendaraan komersial
· Keausan relative kecil dan pemutaran roda kemudi
relative ringan
Kerugian :
· Konstruksi rumit karena hubungan antara gigi sector
dan gigi pinion tidak langsung
· Biaya perbaikan lebih mahal
2. Rack and Pinion
Cara kerja
:Pada waktu roda kemudi diputar, pinion pun ikut berputar. Gerakan iniakan
menggerakkan rack dari samping ke samping dan dilanjutkan melalui tie rod ke
lengan nakel pada roda-roda depan sehingga satu roda depan didorong, sedangkan
satu roda tertarik, hal ini menyebabkan roda-roda berputar pada arah yang sama.
Kemudi jenis rack and pinion jauh lebih efisien bagi pengemudi untuk mengendalikan roda-roda depan. Pinion yang dihubungkan dengan poros utama kemudi melalui poros intermediate, berkaitan denngan rack.
Keuntungan :
· Konstruksi ringan dan sederhana
· Persinggungan antara gigi pinion
dan rack secara langsung
· Pemindahan momen relatif lebih
baik, sehingga lebih ringan
Kerugian :
· Bentuk roda gigi kecil, hanya cocok
digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil atau
sedang
· Lebih cepat aus
· Bentuk gigi rack lurus, dapat
menyebabkan cepatnya keausan
Ø KOMPONEN SITEM KEMUDI
KOLOM KEMUDI
(STEERING COLUMN)
Steering
column atau batang kemudi merupakan tempat poros utama. Steering column terdiri
dari main shaft yang meneruskan putaran roda kemudi ke steering gear, dan
column tube yang mengikat main shaft ke body. Ujung atas dari main shaft dibuat
meruncing dan bergerigi, dan roda kemudi diikatkan ditempat tersebut dengan
sebuah mur. Steering column juga merupakan mekanisme penyerap energi yang
menyerap gaya dorong dari pengemudi pada saat tabrakan. Kolom kemudi terdiri atas main shaft yang
meneruskan putaran roda kemudi ke roda gigi kemudi, dan kolom kemudi yang
mengikat main shaft ke bodi. Ujung atas dari main shaft dibuat meruncing dan
bergigi. Fungsinya adalah untuk menyalurkan putaran steering wheel / roda
kemudi kie steerimg gear melalui shaftnya.Di ujung inilah roda kemudi diikat
dengan sebuah mur.
Gb. Konstruksi Steering Column
Steering
column juga merupakan mekanisme penyerap energi yang menyerap gaya dorong dari
pengemudi pada saat tabrakan.
Ø DUA TIPE STEERING COLUMN
a. Model
Collapsible
Model ini mempunyai keuntungan : Apabila kendaraan berbenturan / bertabrakan
dan
steering
gear box mendapat tekanan yang kuat, maka main shaft column atau bracket akan
runtuh
sehingga pengemudi terhindar dari bahaya. Kerugiannya adalah : Main shaft nya
kurang kuat, sehingga hanya digunakan pada mobil penumpang atau mobil ukuran
kecil. Konstruksinya lebih rumit
Gambar.
b. Model Non
collapsible
Model ini
mempunyai keuntungan : Main shaftnya lebih kuat sehingga banyak digunakan
pada
mobil-mobil besar atau mobil-mobil kecil, Konstruksinya sederhana Kerugiannya
adalah Apabila berbenturan dengan keras, kemudinya tidak dapat menyerap
goncangan sehingga keselamatan pengemudi relatif kecil.
STEERING
GEAR
Steering Gear berfungsi
untuk mengarahkan roda depan dan dalam waktu yang bersamaan
juga
berfungsi sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi
ringan.
Steering
gear ada beberapa
type dan yang banyak di gunakan adalah type recirculating ball
dan rack and
pinion.Berat ringannya kemudi ditentukan oleh besar kecilnya perbandingan steering
gear dan umumnya berkisar antara 18 sampai 20:1. Perbandingan steering
gear yang semakin besar akanmenyebabkan kemudi semakin ringan akan tetapi
jumlah putarannya semakin banyak, untuk sudut belok yang sama.Selain untuk
mengarahkan roda depan, steering Gear juga berfungsi sebagai gigi reduksi untuk
meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan. Untuk itu diperlukan
perbandingan reduksi yang disebut perbandingan Steering Gear,
Perbandingan yang semakin besar akan menyebabkan kemudi menjadi semakin ringan,
tetapi jumlah putarannya akan bertambah banyak, untuk sudut belok yang sama.
Ada beberapa tipe steering gear, tetapi yang banyak digunakan dewasa ini adalah
Gb. Steering Gear tipe rack and pinion |
Gb. Steering gear tipe recirculating ball |
Janis recirculating ball digunakan pada mobil penumpang ukuran sedang sampai besar dan mobil komercial sedangkan jenis rack dan pinion digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil sampai sedang.sambunbungan-sambungan kemudi (steering linkage)
Walaupun mobil bergerak naik-turun, gerakan roda kemudi harus dapat diteruskan ke roda·roda dengan sangat tepat (akurat) setiap saat, untuk ilu diperlukan sambungan-sambungan kemudi (steering linkage. Babarapa model sambungan·sambungan kemudi suspensi rigid
Tipe yang
pertama, digunakan pada mobil penumpang ukuran sedang sampai besar dan
mobil komersial. Sedangkan tipe kedua, digunakan pada mobil penumpang
ukuran kecil sampai sedang.
Ada beberapa
bentuk steering gear box, diantaranya :
1. Model
Worm Dan Sector Roller
worm gear
berkaitan dengan sector roller di
bagian
tengahnya. Gesekannya dapat mengubah
sentuhan
antara gigi dengan gigi menjadi sentuhan
menggelinding.
2. Model
Worm Dan Sector
Pada model
ini worm dan sector berkaitan
Langsung
3. Model
Screw Pin
Pada model
ini pin yang berbentuk tirus bergerak
sepanjang
worm gear
4. Model
Screw Dan Nut
Model ini di
bagian bawah main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang padanya. Pada
nut terdapat
bagian yang
menonjol dan dipasang kan tuas yang terpasang pada rumahnya.
5. Model
Recirculating Ball
Pada model
ini, peluru-peluru terdapat dalam lubanglubang
nut untuk
membentuk hubungan yang
menggelinding
antara nut dan worm gear.Mempunyai
sifat tahan
aus dan tahan goncangan yang baik
6. Model
Rack And Pinion
Gerakan
putar pinion diubah langsung oleh
rack
menjadi
gerakan mendatar. Model rack and pinion
mempunyai
konstruksi sederhana, sudut belok yang
tajam dan
ringan, tetapi goncangan yang diterima dari
permukaan
jalan mudah diteruskan ke roda depan.
0 Response to "Makalah Sistem Kemudi Kendaraan Ringan | Info Hobby"
Posting Komentar